Search This Blog

Wednesday, October 21, 2020

Parenting Tips 3 "Membangun Kepercayaan"

 

Anak-anak selamanya tidak bisa diawasi oleh orang tua di segala aspek rutinitasnya. Apalagi semakin lama, anak akan tumbuh besar dan pasti suatu saat akan memiliki lingkungan bermain bersama teman-temannya. Sebagai orang tua, menaruh kepercayaan tentu sangat diperlukan mengingat bahwa anak kelak akan mengemban tanggung jawab dengan modal kepercayaan.

Lalu bagaimana cara membangun kepercayaan antar orangtua dan Anak?

1. Berikan anak sebuah tanggung jawab, bisa berupa pekerjaan rumah. Contoh bagi anak usia dini “merapikan mainan setelah selesai bermain”.

2. Buatlah sebuah tujuan sederhana mengapa hal itu perlu dilakukan yang merujuk pada keuntungan kedua belah pihak. Mengapa? agar anak pun merasakan manfaat atau akibat yang baik dari aktivitas yang dikerjakannya.

(Misal: mainan yang rapih dan dijaga akan awet untuk dimainkan jangka waktu lebih lama serta rumah yang bersih akan jauh dari penyakit).

3. Buatlah aturan secara rnci jika diperlukan. Misalnya, pembagian tugas antara kakak dan adik agar merasa dibagi dengan adil.

4. Konsekuensi pelanggaran bila tidak sesuai harus disepakati diawal bersamaan dengan perjanjian sebelumnya.


5. Mengingatkan anak akan tanggung jawab tadi bisa 5 menit setelah anak merasa lelah dan seperti akan meninggalkan mainannya atau bila ada jam bermain maka 5 menit sebelum permainan berakhir.


6. Lakukan pembicaraan mengenai tanggung jawab tersebut lebih sering atau terjadwal. Tujuannya agar tertanam dalam diri anak kelak. Misal waktu-waktu sebelum tidur bisa juga sembari bercerita santai.


7. Berikan anak surprise reward apabila tanggung jawabnya terlaksana dengan tepat. Surprise reward tidak harus berupa benda. Lebih bagus bila berupa ucapan pujian. Ingat sertakan kata “MasyaAllah atau Tabarakallah” setiap kali memuji anak. Sebab hanya dengan kuasa Allah SWT lah anak mampu melakukannya dengan baik. Namun, tetap kembali pada bahasa cinta anak untuk mengapresiasi atas usaha yang telah dilakukan. Kenali bahasa cinta mereka agar surprise reward yang diberikan dapat dirasakan juga oleh mereka.


-sA-


 

No comments:

Post a Comment

Terlahir dengan Takdir Berbeda