Search This Blog

Saturday, October 17, 2020

Parenting Tips 2


 
 
Management Gadget for Kids

Ketika teknologi semakin canggih seiring dengan pemanfaatan gadget yang juga meningkat. Apalagi di masa sekarang di mana kegiatan belajar lebih banyak dihabiskan secara online.

Bagaimana mengatasi anak yang semakin kecanduan dengan gadget. Berikut tips yang bisa diaplikasikan :

  1. Saat anak mau pinjam HP orangtua atau siapapun, biasakan untuk izin terlebih dahulu.

     

  2. Setelah izin diberikan, buatlah kesepakatan atau syarat misalnya "NO Youtube" & "NO Playstore". Jika anak belum memahami, maka berikan HP tanpa koneksi Internet.

     

  3. Kesepakatan juga termasuk untuk membatasi (semacam membuat perjanjian) apabila yang punya HP sudah mau pakai lagi, berarti habis waktunya atau berikan kesepakatan waktu diawal misalnya cukup 20 menit. Tunjukkan waktu yang disepakati pada anak, bisa menggunakan stopwatch atau jam langsung. Jika anak belum paham, cukup konsisten saja lakukan nanti akan terbiasa dan paham dengan sendirinya.

     

  4. Anak-anak tetap butuh pengawasan dari orangtua(sesekali lihatlah apa yang sedang anak lakukan dengan gadget yang diberikan). Kenapa hanya sesekali? Ini salah satu upaya untuk membangun kepercayaan diantara anak & orangtua.

     

  5. Informasikan pada anak 5 menit sebelum waktunya benar-benar habis. Pengingat ini dimaksudkan agar anak tidak terlalu kaget kkalau waktunya sudah habis.

     

  6. Jika anak kooperatif dan mematuhi perjanjian bersama tadi, maka beri dia pujian dan semangat bahwa dia sudah melakukannya dengan sangat baik. Jika diperlukan, berilah Ia sesekali hadiah atau kejutan.

     

  7. Sebaiknya selalu ingetkan anak, hal ini berlaku untuk gadget atau HP lainnya (baik punya ayahnya, sepupu, tante, om, nenek, dan lain-lain).

     

  8. Jelaskan kenapa penggunaan HP khususnya yang tersambung dengan internet itu dibatasi. Bisa dijelaskan dari sisi medis, kebaikan, keburukan, dan lain-lain. Gunakan penjelasan yang paling sederhana dan mudah dimengerti anak. penjelasan tersebut bisa didukung dengan gambar atau media lainnya.


  9. Beri penegrtian bahwa anggota tubuh yang anak-anak miliki adalah pemberian dari Allah SWT. yg harus dijaga. Contohnya mata, yang sebaiknya tidak menatap layar HP terlalu lama. Percakapan sederhananya :

    “Kakak mau disayang Allah?” Maka sayangi apa yg sudah Allah berikan untuk kakak, jaga & gunakan itu dengan benar.” 

     


  10. Ingetkan juga tentang Allah SWT yang selalu melihat anak, ada malaikat Rakib dan A’tid yang siap mencatat perilakunya (baik/buruk).

     

    Walau sepertinya sulit, lakukan saja. Karena kosnisten akan mebuahkan hasil yang maksimal suatu hari. Percayalah bahwa anak tidak selamanya bisa kita genggam pikirannya. Kita juga tidak bisa mengontrol teknologi dan yang orang lain lakukan terhadap anak-anak kita. Tidak selamanya pengawasan berada di depan mata kita. Pada akhirnya kita harus rajin sounding ke anak, mengarahkan dia, membimbing dia, dan terakhir tawakal sama pemiliknya. berdoa & berharap penjagaan dari-Nya..

     

    Barakallahufiikum...

     

    -sA-

     

     

No comments:

Post a Comment

Terlahir dengan Takdir Berbeda